Saturday, October 8, 2016

upacara bendera

kalo ngomongin soal upacara bendera jadi ingat jaman sekolah dulu. iya duulluuuu ihh jadi ngerasa tua banget hahahahaha. duluuu jaman masih SD, SMP, dan SMA tiap hari senin pasti ada  upacara bendera. jadi kalau hari senin pasti pake seragam sekolah lengkap dan lebih rapi dari hari biasanya. kaos kaki putih, sepatu hitam, dasi , dan topi nggak boleh ketinggalan. soalnya kalau mau upacara tapi atribut nggak lengkap udah pasti kena marah guru.

petugas upacara bendera terdiri dari 3 orang pengibar bendera, 1 orang pemimpin upacara, 1 orang pembaca UUD 45, 1 orang pembaca pancasila, 1 orang pemimpin saat menyanyikan lagu indonesia raya dan lagu mengheningkan cipta, beberapa orang tim paduan suara, 1 orang pembaca doa, dan beberapa pemimpin di tiap-tiap kelasnya. petugas-petugas itu adalah murid-murid yang dipilih oleh guru. dan biasanya akan berlatih mulai dari 3 atau 4 hari sebelum hari senin. kalo terpilih jadi petugas bendera itu wiihhh rasanya jadi murid paling keren dan paling penting di sekolah deh ahahahahahaha. apalagi kalo dipanggil untuk latihan di saat jam pelajaran ituuu rasanya kerennn deh pokoknya .

aku sering juga terpilih jadi petugas upacara. seingatku aku sudah pernah ngerasain jadi pengibar bendera, jadi pemimpin upacara, pembaca UUD 45, pembaca pancasil. kaya nya udah pernah ngerasain semua deh aku. ooo iyaaa yang paling deg deg an itu menurut aku kalau jadi petugas pengibar bendera. karena takut kebalik waktu ngebentangin benderanya. bukannya merahnya diatas tapi malah putihnya. kadang juga benderanya melintir pas dibentangkan. pernah kan yaaa liat kejadian kaya gitu . selama jadi ikut upacara bendera dan saat jadi pengibar bendera aku juga pernah ngalamin kaya gitu. duhhhh rasanya maluuu dan sedihhhh bangetttt. padahal udah latihan tapiiii kok yaa masih bisa salah ?????  tapi itu wajar kan yaaa. bukankah manusia tempatnya salah dan dosa hehehehe

jadi peserta upacara juga seru. berdiri nggak tegap lagi karena kepanasan, curi curi ngobrol saat pembina upacara kasih sambutan, , malah  saat lagi hormat saat bendera dikibarkan kadang ada teman yang sengaja dorong teman sebelahnya sehingga yang sebelah sebelahnya ikut kedorong dan hampir jatuh. iseng banget kan hahahahahaha

tapi sekarang upacara bendera jarang dilakukan. atau mungkin karena anak-anakku sekolah di sekolah islam yaa ???. padahal menurut aku penting loh upacara bendera itu. anak-anak jaman dulu pasti deh hafal pancasila, lagu indonesia raya, UUD 45, karena seminggu sekali pasti mendengar dan ikut membacakan. coba anak -anak sd jaman sekarang. aku rasa banyakk sekali yang nggak hafal pancasila. selain itu upacara bendera juga melatih anak-anak untuk bisa tertib dan melatih tanggung jawab bagi anak-anak yang terpilih menjadi petugas upacara.

yaaa semoga upacara bendera mulai diadakan lagi kaya dulu, baik sekolah-sekolah negeri, sekolah swasta, ataupun di sekolah-sekolah berbasis agama. hidup upacara bendera !!!! hehehehehe

9 comments:

  1. Oh. kalo di sekolah Islam ga ada upacara bendera ya mba?
    Salam kenal :) -- Tatat

    ReplyDelete
  2. Kalau sekolah islam biasanya upacaranya punya aturan sendiri. Tapi mereka wajib mengadakan upacara... setau aku..

    ReplyDelete
  3. salam kenal juga mbak tatat :) kalo di sekolah anakku ( sekolah islam ) upacara bendera ada tapi nggak setiap hari senin di tiap minggunya. kadang cuma satu atau dua kali dalam sebulan

    ReplyDelete
  4. haiii salam kenal mbak chika hs :) iya mungkin seperti itu. terima kasih sudah baca tulisanku dan kasih komen juga heheheheh

    ReplyDelete
  5. Hai, Ibun Novie.

    Wah, pernah ngerasain jadi petugas upacara dlm berbagai posisi... keren... Kalo aku mah baru ngalamin jadi pengibar bendera dan padus aja :-D

    Btw baru tau kalo di sekolah Islam upacaranya ga tiap pekan.
    Kalo di SMP saya dulu, upacaranya bukan cuma hari Senin aja. Plus hari Sabtu juga sepulang sekolah, buat nurunin bendera...

    Salam kenal dari anissanurhidayati.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak saya pernah ngerasain jadi petugas bendera di berbagai posisi hehehehe dan bisa jadi cerita sekarang buat anak-anak saya :) iya mbak di sekolah islam tidak setiap senin. dulu saya waktu smp juga di sekolah islam dan upacaranya tidak setiap hari senin.

      wah seru dong yaa pake upacara penurunan bendera. kalo aku malah belum pernah malah.

      ngomong-ngomong seru yaaa mbak kalo kebagian jadi petugas upacara berasa kerenn nggak sihh hahahahah

      salam kenal juga dari aku dan terima kasih udah baca dan komen di tulisan aku

      Delete
    2. Iya, Mbak...
      Jadi petugas upacara tuh berasa kereen, deh. Apalagi kalo jadi pengibar/penurun bendera. Kan pake topi Paskibra tuh. Beda sendiri (eh bertiga), berasa gimana gitu heuheu

      Btw, keren sekali nih Mbak. Blognya udah banyak aja tulisan-tulisan baru...

      Delete
    3. alhamdulillahhh semoga nggak bosen bacanya yaaaa heheehehe aku memang suka nulis tapi nulisnya masih suka-suka hahahaha

      Delete