Monday, October 3, 2016

cumi hitam

setiap kali masak cumi aku heran kenapa nggak bisa hitam kaya yang biasa mama bikin dan rasanya juga kurang enak. padahal bumbu dan cara masaknya sama. waktu tanya sama mama, mama bilang memang ada beberapa cumi yang tintanya nggak terlalu hitam. sebenernya aku agak nggak percaya sama jawaban mama, tapi mau ngebantah juga bukan levelku kayanya. soalnya kan dibanding mama yang sudah jauh lebih berpengalaman di dunia kerumahtanggaan yaaa aku sih belum apa-apa. jadii meskipun ragu sama jawaban mama aku iya in aja hehehehe

sampai hari minggu kemaren aku ke pasar. aku beli cumi. nahh kebetulan yang jual cumi lagi bersihin cumi pesanan orang. penjual cumi itu waktu bersihin cumi, bagian kepala cumi langsung ditarik tanpa dipotong. hhhmmmm coba nanti aku praktekkan kataku dalam hati.

sampai rumah aku cuci bersih cumi-cumi itu, aku buang tulangnya, aku tarik perlahan kepalanya, baru aku potong-potong badannya. lalu aku masak dengan cara dam bumbu seperti yang sudah mama ajarkan. daaannnnn taaddaaaaa kuah cumi langsung menghitam !!!!! hoorreeeeee berhasil !!!!!!. jadiii kesimpulannya adalah kenapa sebelumnya cumiku nggak hitam kalau dimasak adalah karena bagian kepala aku potong. jadi kemungkinan kantung tinta yang ada di bagian kepala cumi juga ikut kepotong dan tintanya tumpah hahahahaha. akhirnyyaaa bisa juga masak cumi yang warna hitam dan rasanya sama kaya masakan mama heheheehe. lebih senengnya lagi....karena anak anak suka dan bilang enakkkkk !!!! uhuuyyyyy



ini dia cumi hitamku.....hitamnya mengkilat dan rasanyaaaa enaaakkkkkkkkk

mungkin ada yang mau coba masak cumi hitam kaya gini, aku tuliskan resep nya yaaa

bahan 
- cumi
- minyak untuk menumis
- gula
- garam
- air

bumbu ( semua diiris )
- bawang merah
- bawang putih
- jahe
- cabe merah besar
- cabe rawit ( bila suka pedas )
- tomat

cara
- lepas kepala cumi dari badan ( pelan pelan ya biar kantung tintanya nggak pecah )
- potong - potong badan cumi
- tumis semua bumbu yang sudah diiris sampai harum
- masukkan cumi, aduk rata
- tambahkan air secukupnya
- beri gula dan garam
- masak dengan api kecil sampai cumi empuk

kuah akan mengental, semakin lama dimasak , akan semakin gurih dari tinta cumi akan semakin terasa. selamat memasakkkk 




No comments:

Post a Comment